Rabu, 03 Agustus 2011

D3 BINA WISATA

 

Program Studi Diploma 3 STIEPARI Semarang

Jurusan Bina Wisata

Ketua Program D3 : Drs. C. Susmono Widagdo, M.Par

Prodi D3 Bina Wisata diselenggarakan selama 6 semester dengan menempuh 120 SKS. Mahasiswa diajak untuk mendalami dasar-dasar pengetahuan tentang ilmu kepariwisataan, teori dan praktek langsung pada Industri Pariwisata seperti Akomodasi, Restauran, Obyek Wisata, Biro Perjalanan Wisata, Perusahaan Penerbangan hingga Dinas Pariwisata.
Kewirausahaan benar-benar diterapkan dalam system pengajaran sehingga para alumnus D3 Bina Wisata dapat menerpakan langsung pada saat bekerja di Industri Pariwisata. Dan, bukan hanya itu saja bahkan banyak para alumnus yang telah memiliki usaha sendiri dibidang Travel Agent dalam waktu antara 2 hingga 5 tahun setelah bekerja sebagai pegawai.

Ketrampilan dasar yang meliputi psikologi, teknik pelayanan tour and travel, manajemen, system produksi dan pemasaran hingga pengenalan lapangan menjadikan para alumnus dapat menempatkan diri sebagai insan pariwisata yang mampu memberi manfaat bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta, Indonesia.

Peluang Karier

Peluang karir : sangat dibutuhkan di instansi-instansi pemerintahan khususnya bidang keperiwisataan, perusahaan penerbangan domestic dan asing, penerjemah dan atau guide, Biro Perjalanan Wisata, hotel, industri obyek dan daya tarik dan perusahaan industri pariwisata lainnya.

Ketrampilan interpersonal

Bahan materi pembelajaran

Berkarir dalam bidang usaha perjalanan wisata menawarkan tantangan, keanekaragaman dan kesempatan untuk bekerja dengan orang banyak. Kita ambil satu contoh dalam penyelenggaraan kegiatan paket wisata, maka mulai dari industri transportasi, akomodasi hingga industri hiburan dan souvenier haruslah bersinergi dengan penyelenggara wisata guna mewujudkan kepuasan pemenuhan kebutuhan wisatawan.
Mahasiswa dilatih untuk mampu menangkap masing-masing sifat personal yang ada dalam organisasi bisnis . Ketrampilan interpersonal yang akan dipelajari dalam mata kuliah tentang Peranan Pemasaran, akan menjadi syarat kondisi utama dalam meraih keberhasilan dalam penjualan jasa wisata.

Ketrampilan organisasi

Bahan materi pembelajaran

Melihat keanekaragaman fungsi dan tugas yang ada dalam sebuah Biro Perjalanan Umum, maka guna menciptakan standar operasional perusahaan disusunlah struktur organisasi.
Hal ini dimaksudkan agar pimpinan puncak perusahaan dapat melakukan kegiatan sekaligus controlling yang diharapkan dapat menunjang keberhasilan dalam pengembangan masing-masing unit kerja ( developing units ) dalam upayanya meraih target pekerjaan yang telah ditetapkan.
Usaha perjalanan modern yang menyelenggarakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan jasa wisatawan mulai dari penjualan tiket udara, darat, laut ; akomodasi / penginapan ; pelayaran wisata ; wisata paket ; asuransi perjalanan dan produk lainnya tentu akan menyiapkan personal in charges yang mengisi dan menangani tiap-tiap departemennya.

1 komentar: